Pemberitahuan
Video Tutorial Download silahkan [Klik disini] | Kalau ada komentar link rusak pasti dicek dulu kok, Jadi kalau kata Admin link baik-baik aja ya berarti link aman gengs~

Arah Musim - Kurniawan Gunadi

Gambar Produk
201 Halaman
Ukuran 2 Mb
Seperti dalam lirik lagu Ari Lasso, memang benar bahwa segala yang terjadi dalam hidup ini adalah misteri Illahi. Bagi manusia, hidup adalah ketidakpastian. Satu-satunya kepastian bagi makhluk bernyawa hanyalah kematian—itu pun tak tahu kapan—. Kiranya penulis ingin merangkum rentetan rahasia kehidupan dalam buku berjudul Arah Musim. Sejenak buku ini mengajak kita untuk duduk merenung, kembali mengingat segala peristiwa yang sudah terjadi di dalam kehidupan, segala keresahan yang sedang dialami, ketakutan akan masa depan yang bahkan belum kita hadapi. Bersama buku ini, kita becermin pada diri sendiri.

Arah Musim terdiri atas 6 bab, masing-masing memiliki 15-20an subjudul. Relatif banyak untuk sebuah buku yang tebalnya tidak sampai 200 halaman. Meskipun diberi label novel, tetapi di dalamnya adalah kumpulan cerpen dan fiksi mini. Hanya ada satu cerita yang memiliki keterkaitan antarjudul, selebihnya tidak. Setiap judul berdiri sebagai cerita utuh dengan makna berbeda. Namun, setiap bab memiliki benang merah yang menjadi tema cerita. Secara keseluruhan, buku ini mengangkat tema yang dekat dengan setiap manusia seperti kelahiran, keluarga, kematian, serta perasaan sedih, senang, kecewa, dsb.

Hidup tak selalu bahagia, tapi tak melulu bermuram durja. Ada yang membuat kita putus asa, tapi selalu ada alasan bagi kita untuk bertahan dan berjuang dengan segenap harapan yang ada. Perjalanan hidup ada yang kita benci, ada pula yang kita sukai. Bagian menghadapi kenyataan yang tak sesuai dengan keinginan adalah PR besar bagi kita untuk menerima dengan lapang dada.

Bab pertama novel ini menjadi pengantar untuk menghadapi siklus kehidupan. Cerita seputar kelahiran, keluarga harmonis, keputusasaan, kebahagiaan, kesedihan dan kematian menjadi tema yang cukup untuk menggambarkan bahwa roda kehidupan berputar. “Diri ini disiapkan oleh-Nya untuk menemui kebahagiaan dan kesedihan. Namun, kita merasa tidak siap terhadap kesedihan…Suatu hari kita akan mengalaminya. Entah kapan. Entah di mana. Entah oleh siapa.” (Gunadi, Arah Musim, hlm. 6).

Memasuki bab kedua, permasalahan yang diangkat menjadi lebih kompleks. Cerita didominasi oleh tema keluarga. Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa tidak semua keluarga baik-baik saja. Ada yang hubungan anak-orang tua berjarak sangat jauh, ada yang keluarganya berantakan. Masing-masing keluarga selalu memiliki pengorbanan ibu yang menyentuh hati. Tak hanya itu, dalam bab ini gambaran dalam pengambilan keputusan tentang memilih pasangan atau perjuangan juga menjadi cerita yang menarik.

Pada bab kedua terdapat cerita yang menjadi nyawa buku ini seperti pada kutipan berikut.

“Adakalanya kita harus mengalah pada angin, biar kita diempas dan tak perlu memikirkan kemana kita jatuh. Adakalanya kita harus mengalah pada arus, biar kita mengalir ke tempat-tempat jauh yang tak kita tahu.” (Gunadi, Arah Musim, hlm. 74).

Download Novel Arah Musim Kurniawan Gunadi Pdf

#download novel gratis #baca novel gratis #novel pdf gratis #ebook novel gratis #download pdf novel wattpad gratis #download novel pdf gratis


Post a Comment